Senin, 22 Desember 2008

LELAH

Sudah berkali-kali ku coba untuk menolak tawaran untuk mengikuti apa kata orang. Yah, pastinya mereka merasa aku punya kapabilitas & kapasitas untuk ikut dengan hal-hal yang mereka anggap dapat mewakili keinginan mereka. Ah, ekspektasi mereka terlalu jauh mengenai diriku.. sebenarnya mereka memang benar-benar kurang mengenalku sebagai mana aku & keluargaku mengenalku. Ataukah selama ini aku terlalu pandai bermain sandiwara dengan semua karakter yang mewakili banyak lakon..
Tapi sekali aku menghayati peran itu, bisa-bisa akan sangat menguras energi dan tenagaku. Ku coba untuk total dan maksimal dapal memerankan lakon dalam panggung sandiwara, tapi setidaknya berikan aku ruang untuk berimprovisasi, mengaktualisasi diri & berkreasi seperti mimpi & bayang-bayang angan dalam benakku. Bahkan apa yang aku pikirkan mungkin lebih hebat daripada yang difikirkan oleh Sutradara & tokoh lainnya.
Lelah, jika aku terus menerus menuruti maunya mereka. Mereka hanya berfikir untuk mengarahkanku pada skrip yang dibuatnya dan setting yang dibangun untuk membuat orang lain terpesona melihatnya. Untuk apa aku melakukan jika hanya sekedar membuat orang lain terkesan? Aku tidak butuh pujian & tak butuh elu-eluan. Aku hanya ingin mencari karakter yang pas untuk diriku & berkembang menjadi orang yang ku mau, bukan dengan yang mereka inginkan.
Lelah, jika terus menerus menggunakan topeng lakon lainnya, sedangkan aku harus berperan sebagai lakon yang mereka minta. Bukan, itu bukan aku. Aku adalah kebebasan, seperti merpati yang terbang tinggi, bagai kumbang yang dapat hinggap di setiap bunga & mengambil nektar dari bunga terindah yang ku mau, seperti angin yang berhembus dari barat ke timur, dan laiknya air yang mengalir dari mata air hingga menuju samudra luas. Aku adalah kebebasan itu dan Aku adalah Aku.
Cukup, Aku sudah lelah, sangat lelah. Ku harap semua mengerti, cukup sampai disini. Aku ingin menjadi diriku sendiri. Dan dengarkan Aku, ku mohon... semua ini demi kebaikan kita semua...

Tidak ada komentar: